logo web3

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Luwuk Kelas IB

Written by Super User on . Hits: 103

Kebijaksanaan Umum Peradilan Agama Luwuk Kelas I B

Tujuan pembentukan badan Peradilan Agama antara lain adalah untuk bersama-sama dengan badan peradilan yang lain mewujudkan tata kehidupan bangsa yang sejahtra, aman, tentram, tertib dan untuk menegakan keadilan, kebenaran, ketertiban dan kepastian hukum dalam rangka memberikan pengayoman kepada masyarakat.

Untuk menghadapi perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat dalam era globalisasi yang memberikan dampak sosial yang cepat, maka Pengadilan Agama Kelas I. B Luwuk membuat kebijaksanaan dalam hal:

a. Kebijaksanaan dalam Pelayanan Masyarakat:

1. Melanjutkan Program sidang Keliling setiap bulan sebagai implementasi dari asas peradilan sederhana cepat dengan biaya ringan.

2. Melakukan penyuluhan hukum kepada masyarakat dengan berkerja sama dengan pemerintah daerah.

3. Membuat kotak pengaduan pelayanan masyarakat sebagai bentuk instopeksi pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat pencari keadilan.

b. Kebijakan kepada Aparat Peradilan

1. Melaksanakan pembinaan aparat secara berkala dan priodik kepada pejabat teknis dan non teknis dalam rangka memantapkan kinerja seluruh aparat.

2. Meningkatkan usaha pembangunan hukum Islam dalam rangka pembangunan hukum nasional yang sesuai dengan kepribadian dan budaya bangsa Indonesia yang religius, berprikemanusiaan dan prikeadilan.

3. Meningkatkan pembinaan aparat hukum Peradilan Agama yang profesional, yang dapat meningkatkan pemerataan keadilan dalam tugas sebagai pembina, pemersatu dan pendorong dalam meningkatkan kualitas hidup berbangsa dan bernegara

4. Meningkatkan tata laksana, sarana dan prasarana hukum Peradilan Agama yang memadai, yang dapat mendukung sistem peradilan yang sederhana, tepat, cepat dan ringan.

c. Kebijaksanaan terhadap Peningkatan sarana dan prasarana

1. Peningkatan terhadap prasarana Gedung dilakukan dengan mengajukan rehab total atau pengusulan Pembangunan gedung baru melalui DIPA  yang sesuai Standarisasi gedung Pengadilan berdasarkan Prototype Mahkamah Agung RI di keluarkan melalui KMA 143 tahun 2007 dimana setiap kelas Pengadilan pada 4 badan peradilan telah memiliki ukuran tersendiri.

2. Peningkatan Sarana dapat berupa penambahan sarana penunjang lainnya seperti rumah dinas, transportasi mobil dan kendaraan roda dua, karena keberadaan sarana tersebut sampai sekarang ini belum memadai.

3. Peningkatan dan penambahan sarana transportasi berupa mobil dinas untuk Ketua Pengadilan Agama Luwuk yang bersumber dari DIPA

4. Kebijaksanaan terhadap peningkatan sarana perkantoran

Adapun kebijaksanaan pada poin ini dimaksudkan agar pihak lembaga wajib berusaha memenuhi segala kekurangan sarana pendukung pekerjaan pada lainya seperti

- keberadaan Komputer PC,

- Laptop, AC.

- Genset yang memadai dengan jumlah kapasitas Voltage yang di butuhkan untuk antisipasi kematian PLN dan menghindari kerusakan pada alat elektronika yang ada.

Semua kebijaksanaan tersebut perlu di implmentasikan melalui pengusulan angaran dalam DIPA Pengadilan Agama

Dengan mengacu kepada kebijakan tersebut di atas, maka perlu ditempuh langkah-langkah bagi setiap Pengadilan Agama termasuk didalamnya Pengadilan Agama Kelas Luwuk Kelas I. B sebagai berikut:

  1. Memaksimalkan fungsi Peradilan Agama sesuai dengan perkembangan daerah sejalan dengan tuntutan undang-undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006. dan telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 50 tahun 2009 tentang perubahaan kedua undang-undang nomor 7 tahun 1989 tentang peradilan agama
  2. Berperan serta dalam pembinaan hukum nasional yang relegius yang memenuhi rasa keadilan sesuai perkembangan zaman dengan mengangkat hukum islam seperti Hukum Perkawinan, hukum waris, wakaf, hibah, wasiat, Zakat,Infaq, sadaqah dan Ekonomi Syari?ah ke dalam perundang-undangan nasional .
  3. Meningkatkan sistem pembinaan dan pengembangan menejerial aparatur Peradilan Agama melalui pendidikan penjenjangan, pendidikan dan pelatihan teknis administratif yang sistematis dan terpadu.
  4. Memberikan motivasi dan kesempatan kepada hakim dan pegawai Peradilan Agama khususnya Pengadilan Agama Kelas Luwuk I. B untuk meningkatkan kualitas dan wawasan keilmuan, khususnya dalam bidang hukum dan administrasi dengan mengikuti pendidikan baik secara formal (peningkatan status pendidikan) maupun dalam bentuk penjenjangan, pelatihan dan penataran baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Meningkatkan penyebaran informsi hukum melelui penyuluhan hukum kepeda masyarakat bekerjasama dengan instansi terkait, ormas, tokoh masyarakat, perguruan tinggi dan majelis taklim.
  6. Semua kebijaksanaan tersebut perlu di implmentasikan melalui pengusulan angaran dalam DIPA Pengadilan Agama

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Luwuk

Jl. Kompleks Perkantoran Bukit Halimun Luwuk-Sulawesi Tengah

Telp: 0461-3128020
Fax: -

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.